Sabtu, 02 Maret 2013


: Posted on Sabtu, 02 Maret 2013 - 15.08

Resep memasak: Membuat Kulit Pangsit. Dalam banyak resep memasak yang menggunakan pangsit sebagai salah satu bahannya, sering kulit pangsit hanya disebut sebagai bahan tanpa penjelasan cara membuatnya. Umumnya para penulis resep hanya menginstruksikan agar menggunakan kulit pangsit yang bisa dibeli di pasar atau toko makanan. Namun ada banyak juga pembaca resep masakan ingin mengetahui bagaiamana cara membuat kulit pangsit ini. Pada artikel kuliner kali ini disajikan cara dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat sendiri kulit pangsit.
Kulit Pangsit. i-Kuliner
Kulit Pangsit
Membuat Kulit Pangsit Sendiri.

Bahan Resep Kulit Pangsit :
- 200 gram tepung terigu protein tinggi (gunakan tepung terigu protein tinggi agar kulit pangsit kenyal dan renyah)
- 50 gram tepung sagu
- 50 mililiter air
- 1 sendok teh garam
- 2 sendok makan margarin cair

Cara membuat Kulit Pangsit
1. Campur semua bahan sesuai jenis pangsit yang dibuat, uleni hingga kalis. Tanda adonan belum kalis adalah adonan menempel saat digiling dan hasilnya tidak halus serta kenyal. Adonan kalis jika sudah menyatu dengan rata, halus, kenyal, lentur, dan tidak lengket di tangan. Jangan terlalu lama menguleni adonan karena suhu panas tubuh dapat membuat adonan keras dan melar. Alhasil, saat adonan pangsit dipotong, hasilnya akan mengerut, tidak kenyal, dan tidak renyah.
2. Giling adonan dengan gilingan mi, awali dengan lubang yang paling besar hingga beberapa kali. Kemudian pindahkan pada lubang gilingan yang lebih kecil, lakukan hingga Anda mendapatkan ketebalan yang diinginkan. Semakin tipis adonannya, kulit pangsit akan semakin renyah dan kenyal. Jangan lupa taburi adonan yang digiling dengan sedikit tepung sagu agar tidak lengket.


Untuk 40 lembar Kulit Pangsit.

Tips :
- Untuk pangsit rebus, tambahkan 1 butir telur agar hasilnya lembut dan kenyal. Tapi, jangan menambahkan telur untuk pangsit goreng karena kerenyahannya tidak akan bertahan lama.
- Gilingan mi bisa diganti dengan menggiling adonan hingga tipis sekali di atas meja marmer atau di atas selembar plastik yang telah ditaburi tepung agar tidak lengket.
- Jika belum ingin digunakan, tutup kulit pangsit dengan serbet lembab supaya tidak kering sebab kulit pangsit yang kering lebih rapuh dan mudah sobek.
- Rekatkan kulit pangsit yang sudah diisi dengan air atau putih telur, agar tidak terbuka saat direbus atau digoreng.

female.kompas.com

Produk peralatan memasak yang Anda butuhkan :
Share this article :


thumbnail Resep Membuat Kulit Pangsit Unknown 2013-03-02T15:08:00+08:00 4.9 100 Reviews

Copyright © 2013. i-Kuliner | Template by Full Blog Design | Proudly powered by Blogger
i-Kuliner