Minggu, 17 Juni 2012


: Posted on Minggu, 17 Juni 2012 - 19.07

Mengiris Bahan Makanan. i-Kuliner
Mengiris Bahan Makanan
Kenali Teknik Mengiris Makanan.

Jangan salah menangkap instruksi memotong makanan yang tercantum di resep, nanti akan terlihat aneh, lho. Cermati istilah potong-memotong di sini.

Iris
Biasanya memotong bahan makanan dan bumbu menjadi bagian yang lebih tipis ini digunakan untuk membuat bawang goreng, salad, dan keripik. Tebal atau tipisnya tergantung dari bahan yang digunakan. Pastinya, semakin tipis bahan yang diiris, hasilnya akan semakin renyah.

Cincang
Mencincang adalah memotong bahan makanan atau bumbu menjadi bentuk yang lebih kecil dan halus. Daging, bawang bombai, bawang putih, seledri, dan peterseli adalah bahan-bahan yang sering dicincang dalam resep. Agar sempurna, gunakan pisau besar dan tajam. Usahakan agar ujung pisau selalu menempel pada talenan sambil ditahan dengan tangan kiri, kemudian gerakkan gagang pisau ke atas dan ke bawah dengan cepat sampai mendapatkan cincangan yang diinginkan.

Dadu
Dalam resep, buah-buahan, umbi, dan sayuran biasanya dipotong bentuk dadu. Ukurannya bermacam-macam sesuai dengan masakan yang dibuat. Caranya mudah, cukup potong bahan menjadi bentuk memanjang, kemudian potong lagi hingga berbentuk dadu sesuai ukuran yang digunakan.

Memarkan
Memukul bahan hingga pecah juga disebut keprek. Biasanya bawang putih, serai, jahe, lengkuas, yang dimemarkan. Pakai saja batu ulekan atau gagang pisau yang diletakkan dalam posisi tidur untuk mememarkan bahan dan bumbu.

Korek api
Hasil potongan yang panjang, kecil, dan tipis membuat potongan ini dinamakan batang korek api. Untuk mendapatkannya, potong bahan makanan menjadi bagian yang tipis dan panjangnya sama dengan batang korek api, kemudian iris menjadi bagian yang lebih kecil lagi, hingga menyerupai batang korek api.

Iris halus
Cara ini biasanya digunakan untuk sayuran yang memiliki daun berlembar-lembar seperti kubis, daun selada. Hasil irisan sayuran ini umumnya dipakai untuk membuat selada atau campuran bakwan.

Pipil
Memipil adalah melepaskan butiran jagung dari bonggolnya. Jagung yang dipipil biasanya masih mentah atau sudah direbus, lalu dilepaskan dengan tangan. Selain dipipil, jagung biasanya diserut atau disisir dengan menggunakan pisau tajam.

female.kompas.com

Produk peralatan memasak yang Anda butuhkan :
Share this article :


thumbnail Beberapa istilah dan teknik mengiris bahan makanan dalam memasak Unknown 2012-06-17T19:07:00+08:00 4.9 100 Reviews

Copyright © 2013. i-Kuliner | Template by Full Blog Design | Proudly powered by Blogger
i-Kuliner