Minggu, 09 Juni 2013


: Posted on Minggu, 09 Juni 2013 - 03.56

Resep membuat minuman Es Gempol Plered. Cara mengolah dan bahan resep Es Gempol Plered. Minuman segar yang khas dari Jawa Tengah ini menggunakan bahan utama dari tepung beras. Rasanya manis dan segar. Isinya berupa gempol yang berbentuk bulat dengan rasa gurih dan plered berbentuk tipis-tipis dengan rasa manis. Baca resep membuat minuman Es Gempol Plered pada artiel kuliner ini.
Es Gempol Plered. i-Kuliner
Es Gempol Plered
Resep minuman: Es Gempol Plered

Bahan resep Es Gempol Plered :
- 200 gram tepung beras
- 50 mililiter tepung sagu
- 600 mililiter santan
- 200 mililiter air daun suji
- 200 gram tepung ketan
- 250 gram gula merah
- 400 mililiter air pandan
- 100 gram nangka, iris sesuai selera
- Garam secukupnya

Cara membuat Es Gempol Plered :
1. Gempol: campur tepung beras, tepung sagu, sedikit air daun suji, santan, dan sedikit garam, aduk rata dan uleni hingga rata. Ambil setiap kali secubit adonan, bentuk bulat seukuran duku, agak dipipihkan, lalu buat lekukan di tengahnya. Didihkan air, lalu masukkan bulatan-bulatan. Rebus hingga terapung tanda sudah matang, angkat, tiriskan.
2. Plered: campur tepung ketan, sedikit gula merah, garam, dan sisa air daun suji, aduk rata. Tuang adonan tipis-tipis di atas daun pisang, lalu kukus hingga matang.
3. Rebus sisa santan kental bersama garam hingga mendidih sambil diaduk hingga tidak pecah. Cairkan sisa gula merah hingga mendidih. Saring.
4. Penyajian: siapkan gelas saji, masukkan gempol, plered, nangka, santan kental, gula jawa, dan es batu, sajikan dingin.


Produk peralatan memasak yang Anda butuhkan :
Share this article :


thumbnail Resep Es Gempol Plered Unknown 2013-06-09T03:56:00+08:00 4.9 100 Reviews

Copyright © 2013. i-Kuliner | Template by Full Blog Design | Proudly powered by Blogger
i-Kuliner